Pemilihan Guru Madrasah Kreatif & Inovatif Tingkat Nasional Kementerian Agama RI 2010

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dalam rangka menyambut Hari Amal Bakti ke-65, Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Madrasah Ditjen Pendidikan Islam bekerjasama dengan Pengurus Pusat Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama menggelar Pemilihan Guru dan Kepala RA-Madrasah Kreatif-Inovatif tingkat Nasional tahun 2010.

Mahrus El Mawa,MA. sebagai Ketua Panitia menyatakan bahwa terdapat tiga tujuan dalam kegiatan yang dimaksud itu :

  1. Mendorong dan meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru, dan kepala RA/Madrasah dalam melaksanakan tugas.
  2. Memberikan penghargaan kepada guru, dan kepala RA/Madrasah yang memiliki kompetensi, kreatifitas/inovasi, dedikasi, dan prestasi dalam menjalankan tugas.
  3. Meningkatkan mutu pembelajaran dan pendidikan pada RA/Madrasah.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini Guru harus menyerahkan satu karya pengembangan profesi terbaiknya. Jika dalam bentuk media pembelajaran kreatif/inovatif, maka karya itu bisa disampaikan dalam bentuk gambar (foto atau video), serta deskripsi dan cara kerja atau mekanisme penggunaannya oleh guru dalam proses pembelajaran, maksimal 4 (empat) halaman ukuran A4. Bagi Kepala RA/Madrasah, menyerahkan (a) copy sertifikat capaian prestasi kelembagaan yang dilegalisasi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten atau Kepala Bidang Mapenda/Kependa Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi setempat dan (b) rencana atau program pengembangan satuan pendidikan, tertulis, maksimal 4 (empat) halaman ukuran A4.

Pemilihan dilakukan melalui 4 (empat) tahapan untuk menemukan Guru dan Kepala Madrasah kreatif-inovatif: (a) pertama, identifikasi dan inventarisasi pada 195 (seratus sembilan puluh lima) peserta; 128 Guru dan 67 Kepala, yang berasal dari 26 propinsi; (b) kedua merupakan penilaian terhadap dokumen portofolio dan karya pengembangan profesi serta rencana/program pengembangan satuan pendidikan, (b) tahap ketiga merupakan tahapan verifikasi dan klarifikasi terhadap para nominator tersebut dengan menerjunkan team langsung ke lokasi madrasah di mana mereka bertugas., dan (c) tahap keempat merupakan penilaian akhir yang terdiri dari penilaian terhadap esei, presentasi, dan tanya jawab yang berlangsung 24 – 26 Desember 2010 di Jakarta.

Dewan juri terdiri dari para akademisi, ulama, dan praktisi dalam bidang pendidikan dan kependidikan, antara lain dari Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Jogjakarta, IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hasil akhirnya antara lain, dari Jawa Tengah ada dua orang yang menjadi juara. Yaitu Yusuf Hasyim,M.SI dari MTs Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati sebagai Juara II kategori Guru MTs, dan Drs. H. Ah. Adib Al Arif, M.Ag. dari MA Tarbiyatul Banin Pekalongan Winong Pati sebagai Juara III kategori Guru MA.

Dalam sambutannya, Ketua PP LP Maarif NU,Prof. Dr.Mansyur Ramli,MA. mengatakan bahwa ada satu hal milik manusia yang tak bisa tergantikan oleh tehnologi manapun, yaitu kreasi dan inovasi. Sementara itu Dr.Nifasri,MA. yang hadir atas nama Direktur Pendidikan MadrasahKemenagRImenyampaikan bahwa selama ini kenaikan pangkat guru terlalu dipermudah sehingga ketika akan dikembalikan kepada kondisi normal, mereka terasa keberatan. Ditambahkan bahwa ke depan (efektif mulai tahun 2013) kenaikan pangkat dari III/b ke III/c harus menggunakan karya ilmiah. Hal itu dimaksudkan untuk menggairahkan para guru untuk mengembangkan kemampuan menulis.

Dalam kesempatan lain, di sela-sela upacara HAB Kemenag, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Pati, Drs. H. Akhmad Mundakir, M.Si. memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada kedua juara. Beliau menyatakan kebanggaannya karena keduanya berasal dari Kabupaten Pati, apalagi keduanya adalah guru yang bertugas di madrasah swasta. Hendaknya hal ini menjadi contoh bagi guru yang lain supaya lebih berkreasi dan berinovasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: